PELAKSANAAN UJI KOMPETENSI MAHASISWA AMA DHARMALA T/A. 2018/2019

Pelaksanaan uji kompetensi (ujikom) dimaksudkan sebagai sarana untuk mendapatkan bukti-bukti yang valid, berlaku sekarang/terkini/current  serta otentik sebagai dasar apakah peserta uji sudah kompeten atau belum kompeten terhadap unit kompetensi yang diujikan. Pelaksanakan Uji Kompetensi dilaksanakan 1 tahun sekali dimana terdapat tahapan untuk ujikom yaitu ujikom tingkat dasar, ujikom tingkat menengah, dan ujikom tingkat lanjut. Untuk mengikuti uji kompetensi mahasiswa wajib melakukan pendaftaran uji kompetensi, dengan memenuhi persyaratan yang harus dilengkapi seperti mahasiswa semester 2 untuk mengikuti ujikom dasar (clauster dasar), mahasiswa semester 4 untuk mengikuti ujikom menengah (clauster menengah), dan mahasiswa semester 6 untuk mengikuti lanjut (caluster lanjut) guna mendapatkan sertifikasi kompetensi  dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Mendapatkan sertifikasi kompetensi melalui tahapan ujian dalam bentuk ujian tertulis dan wawancara. Dan pada tahap dasar diujikan pada bidang pelaksanaan administrasi perkantoran, tahap menengah diujikan pada bidang pelayanan administrasi kesehatan, tahap lanjut diujikan pada bidang administrasi rumah sakit.

Sertifikasi kompetensi adalah proses pemberian sertifikat kompetensi yang dilakukan secara sistematis dan obyektif melalui uji kompetensi yang mengacu pada standar kompetensi kerja baik yang besifat nasional, khusus maupun internasional. Seseorang yang memiliki sertifikat kompetensi maka ia akan mendapatkan bukti pengakuan tertulis atas kompetensi kerja yang dikuasainya. Sertifikasi dilaksanakan oleh LSP Bandung yaitu dibawah naungan Politeknik Piksi Ganesha Bandung yang telah dilisensi oleh BNSP. Pelaksanaan sertifikasi pada bidang pekerjaan atau profesi yang belum terbentuk LSP-nya dilaksanakan oleh BNSP. Untuk mengikuti ujikom tersebut mahasiswa harus menpersiapkan berkas seperti: Fotocopi ijazah SMA 1 Lembar, Fotocopy sertifikat ujikom sebelumnya 1 Lembar, Pas foto uk 3X4 3 Lembar

Post Author: Admin